Kamu suka nulis artikel?mau diterbitkan oleh Aru?.Kirim sekarang!

Tradisi Unik Suku Dani

Indonesia, Beranekaragam Bahasa,Budaya,dan Agama yang bersatu padu dalam Bhineka tunggal Ika.



Hai, Sobat Aru. Hari ini Aru akan Membahas Edisi Khusus yaitu, "Nature of Indonesia". Yup jika di artikan Itu berarti Alam Indonesia. Aru sangat Terpesona Atas Alam Indonesia yang begitu indahnya.namun,Kita sebagai orang Indonesia bahkan tidak tahu sama sekali. Oleh karena itu, Aru akan Mengulik tentang Alam di Indonesia yang tak kalah menariknya dari sebuah Novel Fiktif belaka.

Kali ini, Aru akan Mengulik Suku yang berada di Papua. Suku apakah itu?Yup Sesuai judul diatas. Yaitu, Suku Dani. suku yang mendiami wilayah Lembah Baliem di Pegunungan Tengah, Papua. Pemukiman mereka berada di antara Bukit Ersberg dan Grasberg yang menyimpan kandungan emas, perak, dan tembaga. (Menurut, Wikipedia)

Apa sajakah Keunikan Suku Dani yang kemungkinan banyak orang Indonesia belum mengetahui Suku ini?baca artikelnya ya.

1. Masih Percaya Atas Roh yang bertahan hingga sekarang

Suku Dani Tidak Mengenal Agama yang kita peluk seperti saat ini. Suku Dani Percaya bahwa Ada roh nenek moyang yang selalu menjaga mereka dan dapat memberikan Kekuatan Sakti kepada Mereka. Kekuatan sakti tersebut bernama Atou. Mereka percaya bahwa Kekuatan itu dapat menjaga kebun, kekuatan menyembuhkan penyakit,dsb.

2. Memotong Jari sebagai ungkapan Duka Cita
Tidak seperti kita, jika ada yang sudah pergi kita akan Sedih & Menangis. Suku Dani Ada tradisi unik potong Jari saat ada Yang Meninggal. Mereka akan memotong ruas jarinya dengan benda tajam, menggigitnya hingga putus.
Bagi suku Dani,itu Adalah sebagai rasa kekeluargaan, kekerabatan antar mereka. Aru Sungguh Salut atas ini.

3. Membakar Batu 

Suku Dani sering sekali mengadakan pesta besar untuk menyambut acara pernikahan kelahiran dan juga kemenangan perang. Pesta ini akan disiapkan oleh semua orang yang ada di desa tanpa terkecuali. Suku Dani suka sekali memasak babi dan umbi-umbian. Bahan makanan ini akan dimasukkan ke dalam lubang yang telah diberi batu dan daun-daun. Mereka memasak bahan makanan yang sangat banyak untuk dibagikan ke semua orang. Suku Dani tidak menggunakan korek atau bahan bakar. Mereka hanya menggosok-gosokan batu hingga menimbulkan panas yang akan ditangkap oleh dedaunan. Setelah timbul api kecil, para juru masak akan memperbesarnya dan akan digunakan sebagai alat pengukus tumpukan bahan yang berada di antara batu-batu. Proses pematangan makanan ini biasanya berlangsung selama berjam-jam. Setelah semuanya matang, makanan ini akan dibagikan ke semua orang yang datang, termasuk wisatawan. (Menurut, Boombastis.com )
4. Memiliki Mumi Hitam 

Mumi ini adalah Leluhur nenek moyang mereka yang sudah berusia 300 tahun. Karena,mumi tersebut memiliki jasa yang sangat besar loh. Mumi Tersebut memiliki nama Wim Motok Mabel dan selalu ditempatkan di Pilamo/ Rumah Laki-laki.konon,mumi ini dibuat dengan mengeringkan mayat lalu mengangin-anginkan mayat di atas perapian hingga mengering dan berubah warna menjadi hitam pekat. 
5. Perang Yang unik

Tidak, seperti Wilayah lain yang berperang untuk mendapatkan harta/kekuasaan. Tapi, Suku Dani Memiliki Perang unik yang bertujuan jika Ada Wisatawan berkunjung ketempat mereka. Setiap tahun suku Dani Mengadakan Festival Baliem dimana Mereka akan berperang dengan suku Lani dan Suku Yali.yang bertujuan untuk melestarikan Budaya pastinya.

Itulah suku Dani, yang Memiliki Tradisi Unik. Aru akan Mengulik Alam Indonesia di artikel lainnya.Sampai Jumpa, di Artikel Berikutnya....

Posting Komentar

© ARFATH FYI. All rights reserved. Di Produksi Oleh Arfathmedia